Senin, 30 Juni 2008

The Beatles


The Beatles
the beatles merupakan group band legendaris di dunia yang tidak akan pernah bisa digantikan........
The Beatles dapat dikatakan sebagai group rock yang paling berpengaruh dan abadi sepanjang masa. Banyak hal mengenai The Beatles yang pernah dikatakan atau dituliskan dan sulit untuk mempersingkat cerita tentang perjalanan karir mereka. Beatles juga merupakan group rock pertama dari Inggris yang berhasil meraih pengakuan internasional, meluncurkan Bristish Invasion yang membuat rock benar-benar menjadi fenomena internasional. Fenomena ini dimulai pada tahun 1957, ketika Paul McCartney (b. James Paul McCartney, 18 Juni 1942, di Liverpool, Inggris) berhasil lolos audisi untuk mengisi posisi gitaris pada Quarrymen, sebuah group skiffle yang dipimpin oleh John Lennon (b. John Winston Lennon, 9 Oktober 1940, di Liverpool, Inggris; d. 8 Desember 1980 di New York, AS). Dalam kurun waktu setahun, group tersebut menerima lagi tambahan musisi, yaitu gitaris berusia 15 tahun, George Harrison (b. 25 Februari 1943 di Liverpool, Inggris; d. 29 November 2001 di Los Angeles, California, AS), dan teman sekolah John Lennon, Stuart Sutcliffe (b. 23 Juni 1940 di Edinburgh Skotlandia; d. 10 April 1962 di Hamburg, Jerman).


Setelah selama beberapa saat sempat tampil dengan nama Johnny and The Moondogs, mereka kemudian berganti nama menjadi Silver Beatles.Tidak lama kemudian, pada pertengahan tahun 1960, mereka meninggalkan kata ‘silver’ dan memakai nama Beatles.Seorang pemain drum, Pete Best (b. 1941 di Liverpool, Inggris) kemudian direkrut untuk melengkapi Beatles, dan mereka mencoba untuk memperkenalkan diri di Eropa dengan pergi ke Hamburg, Jerman. Band ini menjadi populer secara lokal, dengan tampil di sejumlah klub sampai mereka diusir keluar dari Jerman pada bulan November karena George Harrison masih di bawah umur. Beatles kembali ke Jerman pada awal tahun 1961 untuk rekaman lagu “My Bonnie” sebagai band pengiring bagi Tony Sheridan. Sementara itu, Stuart Sutcliffe keluar dari Beatles untuk menetap di Jerman sebagai seorang pelukis. Paul McCartney mengambil alih posisinya sebagai pemain bass. Sepanjang tahun 1961, Beatles bermain pada klub-klub di Inggris dan menjadi terkenal di kota asal mereka, Liverpool. Pada waktu itu mereka tampil dengan menyanyikan lagu-lagu dari penyanyi lain, sementara John Lennon dan Paul McCartney mulai menulis lagu bersama.


Bulan November 1961, Brian Epstein, manager dari North End Music Store di Liverpool tertarik dengan penampilan Beatles, setelah ia mendapatkan sejumlah permintaan dari para pelanggannya untuk rekaman “My Bonnie” dari Tony Sheridan. Brian Epstein kemudian melihat penampilan Beatles di Cavern Club dan memutuskan untuk menjadi manager mereka serta berusaha mendapatkan kontrak rekaman. Pada tanggal 1 Januari 1962, Beatles mengikuti audisi untuk Decca Records, namun mereka ditolak. Namun dengan sikap pantang menyerah, Brian Epstein berhasil mendapatkan waktu untuk audisi dengan Parlophone, anak perusahaan EMI Records, dengan produser George Martin yang mengontrak Beatles pada tanggal 9 Mei 1962. Setelah melalui satu sesi rekaman, George Martin menyarankan agar drummer Pete Best diganti, dan Beatles mengusulkan Ringo Starr (b. Richard Starkey, 7 Juli 1940 di Liverpool, Inggris). Pada bulan Oktober 1962, single pertama Beatles, “Love Me Do” / “P.S. I Love You” berhasil menjadi hit Top 20 di Inggris, dengan diperkirakan Brian Epstein telah membeli 10.000 copy rekaman untuk memastikan Beatles akan dapat masuk tangga lagu. Beatles juga mulai tampil secara teratur di BBC, dan tampil lebih dari 50 kali antara tahun 1962 dan 1964.


Pada bulan Februari 1963, Beatles kembali masuk studio untuk merekam 10 lagu (dalam satu hari) untuk album pertama mereka, Please Please Me yang dirilis beberapa bulan berikutnya. Dalam waktu singkat album ini berhasil menjadi hit, bertahan pada posisi pertama di tangga lagu selama 30 minggu. Beatles mulai memiliki banyak penggemar, terutama penggemar wanita dan merupakan awal dari Beatlemania. Mereka kemudian merilis album kedua, With the Beatles dan pada akhir tahun 1963, mereka telah berhasil menjual lebih dari 2,5 juta album di Inggris, serta serangkaian single mereka yang terjual jutaan copy. Pada tahun 1964, hak untuk merilis semua rekaman Beatles menjadi milik EMI/Capitol Records dan rekaman Beatles menjadi salah satu rekaman yang paling banyak dibajak sepanjang sejarah musik. Pada bulan Januari 1964, Capitol Records merilis album Beatles di AS, Meet the Beatles, yang berisikan campuran lagu-lagu dari dua album yang dirilis di Inggris. Menyusul penampilan Beatles selama tiga minggu pada Ed Sullivan Show, Februari 1964 (disaksikan lebih dari 73 juta penonton), Beatles menjadi band terbesar di AS. Para personil The Beatles kemudian tampil pada sebuah film mereka, A Hard Days Night, yang dengan mengejutkan berhasil mendapatkan sambutan baik dan album soundtrack film tersebut juga berhasil menjadi hit. Setelah film tersebut dirilis pada bulan Juli 1964, Beatles menggelar tour pertama mereka di Amerika Serikat. Pada tahun 1965, Beatles tampil di film kedua mereka, berjudul Help!, dan juga diikuti dengan dirilisnya album soundtrack film tersebut.


Dengan sukses yang tidak mereka duga sebelumnya, Beatles mulai membuat musik yang lebih serius. Berawal dari menyanyikan lagu-lagu penyanyi lain, membuat lagu-lagu pop bertemakan cinta dengan tempo cepat, mereka kemudian beralih ke lagu-lagu yang lebih introspektif dan lebih bereksperimen, seperti dalam album Rubber Soul, yang dirilis bulan Desember 1965. Kemudian Beatles merilis Revolver dan disusul dengan tour terakhir mereka di AS yang dimulai pada bulan Agustus 1966. Mereka menggelar konser live terakhir di Candlestisk Park di San Francisco pada tanggal 29 Agustus 1966, dan mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi penampilan secara live untuk lebih berkonsentrasi pada rekaman-rekaman mereka. Rumor yang menyatakan Beatles akan bubar banyak bermunculan di media-media seiring dengan menghilangnya band tersebut dari depan publik. Pada tanggal 27 Agustus 1967, manager Beatles, Brian Epstein meninggal dunia. Hal ini membuat Beatles sangat terguncang, namun mereka memutuskan untuk tidak mempekerjakan manager baru, dan mengambil alih kontrol terhadap karir mereka sendiri. Proyek pertama mereka tanpa bimbingan Brian Epstein adalah sebuah album dan acara spesial di BBC, Magical Mystery Tour, yang banyak mendapat kritik, dan kemungkinan menjadi awal keruntuhan Beatles. Pada tahun 1968, Beatles mendirikan label rekaman mereka sendiri, Apple, dan mulai merekam lagu-lagu untuk album terbaru mereka. Sesi rekaman ini dipenuhi dengan ketegangan, karena sering terjadi perselisihan diantara mereka.


Masih di tahun yang sama, John Lennon merilis album solo, yang direkam bersama dengan kekasih barunya yang kontroversial, seorang seniman Amerika keturunan Jepang, Yoko Ono. Album tersebut berjudul Unfinished Music No. 1 – Two Virgins. Pada bulan Januari 1969, Beatles mulai mempersiapkan diri untuk merekam album terbaru mereka secara live di studio, dan menghasilkan Get Back. Untuk mengiringi sebuah film, Beatles tampil di atap studio mereka dan menjadi penampilan mereka yang terakhir di depan umum. Sewaktu menyiapkan album ini, anggota Beatles mulai berselisih tentang masalah kreativitas mereka. Pada awal tahun 1970-an, keempat anggota Beatles sibuk menggarap album solo mereka masing-masing, tetapi mereka tetap menyangkal berita bubarnya Beatles. Pada bulan September 1969, John Lennon mengatakan kepada rekan-rekan di Beatles, bahwa ia ingin keluar, tetapi karena saat itu Beatles sedang mengadakan negosiasi ulang dengan EMI, perpecahan antar mereka disembunyikan.Namun sayangnya, konflik internal itu naik ke permukaan ketika Allen Klein mengajak Phil Sector untuk memproduksi dan menggarap Get Back ( dirilis pada bulan Mei 1970 dengan judul Let It Be). Hal ini sangat bertentangan dengan keinginan Paul McCartney dan juga meminta agar Paul McCartney menunda peluncuran album solo debutnya, McCartney, dengan tujuan untuk menghindari menurunnya penjualan Let It Be. Dengan marah, Paul McCartney merilis albumnya pada bulan April 1970, sebelum Let It Be dirilis, dan mengumumkan kepada publik bahwa ia keluar dari Beatles.


Pada tanggal 31 Desember 1970, Paul McCartney menuntut Allen Klein karena membuat Beatles bubar. Hal ini mengecewakan tiga anggota Beatles yang lain, karena mereka mempertimbangkan untuk tetap rekaman sebagai Beatles sementara merintis karir solo mereka. Saat itu, kesempatan untuk berkumpul kembali sudahlah lenyap, sementara Apple Records juga menjadi bangkrut. Pada tahun 1970-an masing-masing anggota Beatles merilis album solo mereka. Paul McCartney tampil dengan istrinya, Linda dalam group Wings; sementara John Lennon rekaman bersama dengan Yoko Ono. Sepanjang tahun 1970-an, muncul beberapa omong kosong bahwa anggota Beatles akan mengadakan reuni. Mereka sibuk sendiri dengan karir solonya dan masing-masing berkecimpung di jalur musik yang berbeda. Keempat mantan anggota Beatles ini tidak pernah benar-benar serius untuk bergabung kembali. Akhirnya keinginan untuk menyatukan kembali anggota Beatles ini benar-benar pupus dengan tewasnya John Lennon pada tanggal 8 Desember 1980. Pada awal tahun 1990-an, Paul McCartney, George Harrison, Ringo Starr dan Yoko Ono menyelesaikan pertentangan mereka mengenai ijin untuk merilis ulang rekaman-rekaman mereka yang belum diluncurkan. Pada tahun 1994, Capitol Records merilis CD dobel yang berisikan rekaman-rekaman awal Beatles untuk BBC.


Pada tahun 1995, anggota Beatles yang masih hidup, turut berpartisipasi dalam film dokumenter tentang kehidupan mereka. Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison juga merilis dua rekaman demo John Lennon, “Free as a Bird” dan “Real Love”. Walaupun kualitas suaranya kurang baik, namun ketika album Beatles Anthology 1, 2, and 3 ketika dirilis mendapat sambutan baik, terjual lebih dari 15 juta copy dalam kurun waktu kurang dari setahun.
Pernah mendengar lagu Yesterday? I Want to Hold Your Hand? Michelle? Let It Be? Something? Penny Lane?Strawberry Fields? Sexy Sadie?Jelas jutaan orang kecewa berat ketika The Beatles mengumumkan bubar, namun tak sedikit pula yang akhirnya bersyukur karena dengan begitu keindahan karya - karya mereka terus disimak dan dinikmati oleh pendengar di seluruh penjuru dunia hingga kini. Sebenarnya seberapa burukkah hubungan antarpersonel grup yang sudah melegenda ini di akhir perjalanannya? Apa pendapat John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr tentang pertikaian di antara mereka, uang, bisnis, karier, keluarga, narkoba, rock'n'roll karier solo, gosip reuni? Benarkah mereka sudah tak menghargai dan tak peduli satu sama lain?


Kelihatannya aku bisa jalan terus dan memasukkan Yoko dalam kehidupan The Beatles. Tapi tampaknya aku harus memilih, menikahi The Beatles atau Yoko, kupilih Yoko, dan ternyata aku benar. -John Lennon


Jangan memanggilku McCartney eks-Beatle lagi. Aku pernah jadi anggotanya, tapi sekarang aku tak bersama mereka lagi. The Beatles adalah pekerjaan lamaku. Kami tidak berteman, kami hanya sekadar kenal satu sama lain.-Paul McCrtney


Peluang terbaik dalam karierku adalah menjadi anggota The Beatles pada tahun 1963. Peluang terbaik kedua sejak itu adalah keluar dari The Beatles.-George Harrison

Tidak ada komentar: