Selasa, 01 Juli 2008

Khasiat Secangkir Kopi


Khasiat Secangkir Kopi
Secangkir kopi ternyata banyak memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh, tapi jangan terlalu berlebihan.
Ada berita menggembirakan bagi pecinta kopi. Bila sejak awal keberadaanya, kopi bijian yang konon ditemukan secara tidak sengaja oleh penggembala di Etiopia, sudah mendapat penolakan dari sebagian kalangan karena di curigai membawa dampak negative bagi peminumnya.
Dunia kedokteran, mengungkapkan, kafein bila diserap oleh tubuh secara berlebihan dapat menyebabkan kecemasan kronis, gelisah, lekas marah, insomnia, otot berkedut dan diare. Dalam jumlah yang lebih besar misalnya meminum 10 cangkir kopi secara berturut-turut dapat menimbulkan efek muntah, demam dan kebingungan secara mental. Bahkan minum kopi dalam kondisi panas dapat memberi efek kerusakan pada sel dalam mulut dan kerongkongan, yang jika dilakukan berulang kali dapat mencetuskan kanker pada bagian tersebut.
Menikmati kopi dalam kondisi wajar yakni 2-3 gelas perhari justru memberikan begitu banyak manfaat kesehatan antara lain :
· Menyegarkan tubuh
Kafein dalam secangkir kopi dapat memicu produksi hormone endorphin. Hormon ini berfungsi mengurangi rasa nyeri, kelelahan dan sakit kepala. Untuk itulah disarankan mengkonsumsi kopi minimal 1 jam sebelum fitness akan membuat tubuh terasa segar dan akan meminimalkan nyeri otot akibat fitness.
· Mencegah gigi berlubang
Sesaat setelah mengkonsumsi kue coklat, permen atau sepotong kue manis ada baiknya minum secangkir kopi hangat. Karena kafein yang terkandung dalam kopi sangat ampuh membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.
· Meningkatkan kesuburan pria
Kafein dalam kopi mampu merangsang sel-sel sperma bergerak lebih cepat dan mendongkrak kesuburan pria. Ujung-ujungnya, berpotensi meningkatkan kemungkinan kehamilan pada pasangan.
· Mengurangi resiko diabetes tipe 2
Dalam kopi terkandung asam chlorogenic yang tak lain adalah anti oksidan dan berfungsi untuk mengencerkan gula darah.
Manfaat Secangkir Kopi
Dua –tiga kopi memberikan manfaat dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi antara lain :
· Mengurangi resiko kanker usus besar sampai 25%
· Mengurangi resiko batu empedu sampai 45%
· Mengurangi resiko sirosis hati sampai 80%
· Mengurangi resiko penyakit Parkinson 50-80%
· Mengurangi frekuensi serangan asma sampai 25%

Tidak ada komentar: